SK Kesekretariatan

SK KESEKRETARIATAN

NO NAMA SK DOKUMEN
1 Penunjukan Bendahara Pengeluaran Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
2 Penunjukan Petugas Pengelola Tata Persuratan Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
3 Penunjukan Tim Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Download file
4 Penujukan Petugas Pengelola Perpustakaan Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
5 Penunjukan Tim Pengelola Website dan Media Sosial Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
6 Penunjukan Petugas Penerima Tamu (Resepsionis) Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
7 Penunjukan Petugas Absensi Hakim dan Pegawai Negeri Sipil Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
8 Tim Penyusun Laporan Keuangan Download file
9 Penetapan Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar Tahun Anggaran 2025 Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
10 Penunjukan Pejabat Pengelola Anggaran Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
11 Penunjukkan Petugas Absensi Hakim dan Pegawai Download file
12 Penunjukan Tim Pengelola Barang Milik Negara (BMN) dan Persediaan pada Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
13 Penetapan Pejabat Penandatanganan Surat Perintah Membayar Anggaran 2025 Pengadilan Agama Rantauprapat Download file
14 Tim Penyusunan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Download file
15 Tim Teknologi Informasi (TI) Pengadilan Agama Rantauprapat Download file

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) Kesekretariatan

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KESEKRETARIATAN

 No Standar Operasional Prosedur  Dokumen 
 1  SOP Pelaksanaan Orientasi dan Sosialisasi Tugas, Peran dan Tanggungjawab file
 2  SOP Pengembangan Pegawai file
 3  SOP Izin Belajar dan Tugas Belajar file
 4  SOP Pengelolaan Data  Pegawai file
 5  SOP Pengelolan Kartu Pegawai, Kartu Pensiun dan  BPJS,KARIS/KARSU file
 6  SOP Pengelolaan Absensi Pegawai file
 7  SOP Pengelolaan  Cuti Pegawai file
 8  SOP Pengelolaan Kenaikan Pangkat Tenaga Teknis dan Non Teknis file
 9  SOP Kenaikan Gaji Berkala file
 10  SOP Pengelolaan izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai file
11  SOP Pengelolaan Pensiun Pegawai file
12  SOP Pemberian nilai kepada pegawai dan pendelegasian wewenang file
13  SOP Pemberian penghargaan kepada pegawai file
14  SOP Pelaporan Harta Kekayaan Pegawai dan Pejabat Negara file
15  SOP Pelaksanan Kehumasan dan Keprotokolan file
16  SOP Pengarsipan  Naskah Dinas file
17  SOP Pemeliharaan lingkungan dan keamanan file
18  SOP Pengelolaan perpustakaan file
19  SOP Pemberian Informasi file
20  SOP Pencairan Anggaran file
21  SOP Pertanggung Jawaban Anggaran file
22  SOP Penatausahaan PNBP file
23  SOP Penyusunan Laporan Keuangan file
24  SOP Penyusunan rencana program dan anggaran file
25  SOP Penyusunan SAKIP file
26  SOP Penyusunan E-Monev dan laporan tahunan file
27  SOP Pengelolaan TI file
28  SOP Pemeliharaan Kebersihan file

Standar Operasional Prosedur (SOP) Kepaniteraan

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR KEPANITERAAN

 No Standar Operasional Prosedur  Dokumen
1  SOP Pelayanan Infromasi Klik Disini
2 SOP Pelayanan Pos Bantuan Hukum Klik Disini
3  SOP Pelayanan Sidang Di Luar Gedung Pengadilan Klik Disini
4  SOP Pelayanan Penerimaan Perkara Klik Disini
5  SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara Klik Disini
6  SOP Pembayaran Panjar Biaya Perkara Klik Disini
7  SOP Penetapan Majelis Hakim Klik Disini
8  SOP Penunjukkan Panitera Pengganti  Klik Disini
9  SOP Penunjukkan Panitera/ Panitera Pengganti  Klik Disini
10  SOP Penetapan Hari Sidang  Klik Disini
11  SOP Pemanggilan Para Pihak  Klik Disini
12  SOP Pelayanan Pemanggilan Tergugat dan Termohon yang Tidak di Ketahui Tempat Tinggalnya Dalam Perkara Perkawinan  Klik Disini
13  SOP Pelayanan Pemanggilan Tergugat / Termohon yang Tidak di Ketahui Tempat Tinggalnya Untuk Selain Perkara-perkara Perkawinan  Klik Disini
14  SOP Panggilan Tergugat dan Termohon yang Berada di Luar Negeri  Klik Disini
15  SOP Permohonan Bantuan Panggilan / Pemberitahuan ke Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
16  SOP Permohonan Bantuan Panggilan / Pemberitahuan dari Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
17  SOP Kegiatan Persidangan  Klik Disini
18  SOP Layanan Mediasi  Klik Disini
19  SOP Layanan Pemanggilan Saksi  Klik Disini
20  SOP Layanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi ke Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
21  SOP Layanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi Dari Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
22  SOP Layanan Pemeriksaan Setempat  Klik Disini
23  SOP Layanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat Dari Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
24  SOP Pelayanan Mohon Bantuan  Klik Disini
25  SOP Pelayanan Tambahan Biaya Panjar  Klik Disini
26  SOP Pelayanan Sita Jaminan  Klik Disini
27  SOP Pelayanan Sita Buntut  Klik Disini
28  SOP Pelayanan SIta Harta Bersama  Klik Disini
29  SOP Pelayanan Pemberitahuan Isi Putusan  Klik Disini
30  SOP Pengelolaan Uang Sisa Panjar  Klik Disini
31  SOP Penyampaian Salinan Putusan  Klik Disini
32  SOP Pengembalian Kutipan Akta Nikah  Klik Disini
33  SOP Pelayanan Ikrar Talak  Klik Disini
34  SOP Layanan Penerbitan dan Penyerahan Akta Cerai  Klik Disini
35  SOP Pengiriman Petikan Salinan Putusan ke KUA dan Dukcapil  Klik Disini
36  SOP Pelayanan Permintaan Produk Pengadilan  Klik Disini
37  SOP Tatacara Penyelesaian Gugatan Sederhana Oleh Hakim Tunggal  Klik Disini
38  SOP Pelayanan Penerimaan Perkara Dalam Ekonomi Syariah Dengan Acara Sederhana Tidak Memenuhi Syarat  Klik Disini
39  SOP Pelayanan Upaya Hukum Keberatan Dalam Perkara Ekonomi Syariah Dengan Cara Sederhana Yang Melewati Batas Waktu  Klik Disini
40  SOP Pelayanan Upaya Hukum Keberatan Dalam Perkara Ekonomi Syariah Dengan Acara Sederhana Yang Memenuhi Batas Waktu  Klik Disini
41  SOP Layanan Banding  Klik Disini
42  SOP Layanan Kasasi  Klik Disini
43  SOP Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Melebihi Batas Waktu  Klik Disini
44  SOP Pelayanan Kasasi Yang Tidak Memenuhi Syarat Formal Dengan Alasan Tidak Mengajukan Memori Kasasi  Klik Disini
45  SOP Pelayanan Peninjauan Kembali  Klik Disini
46  SOP Pelayanan Prodeo Pada Tingkat Pertama  Klik Disini
47  SOP Pelayanan Prodeo Pada Tingkat Banding  Klik Disini
48  SOP Pelayanan Prodeo Pada Tingkat Kasasi  Klik Disini
49  SOP Pelayanan Pembebasan Perkara Pada Tingkat Pertama  Klik Disini
50  SOP Pelayanan Pembebasan Perkara Pada Tingkat Banding  Klik Disini
51  SOP Pelayanan Pembebasan Perkara Pada Tingkat Kasasi  Klik Disini
52  SOP Pelayanan Permohonan Eksekusi Riil  Klik Disini
53  SOP Pelayanan Permohonan Ekseskusi Pembayaran Sejumlah Uang  Klik Disini
54  SOP Pelayanan Permohonan Eksekusi Selain Putusan Pengadilan Agama dengan Lelang  Klik Disini
55  SOP Pelayanan Mohon Bantuan Ekseskusi ke Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
56  SOP Pelayanan Mohon Bantuan Eksekusi Dari Pengadilan Agama Lain  Klik Disini
57  SOP pelayanan Permohonan Konsinyasi  Klik Disini
58  SOP Pelayanan Permohonan Isbat Rukyah Hilal  Klik Disini
59  SOP Pengarsipan  Klik Disini
60  SOP Pelaporan Perkara  Klik Disini
61  SOP Pengaduan  Klik Disini
62  SOP Pelayanan Permohonan Perceraian PNS, TNI dan POLRI  Klik Disini 
63  SOP Layanan Permohonan Pendaftaran Surat Kuasa Khusus  Klik Disini
64  SOP Layanan Permohonan Isbat Nikah Volunter  Klik Disini
65 SOP Layanan Pengelolaan ATK Perkara   Klik Disini
66  SOP Pengelolaan Keuangan Perkara  Klik Disini
67  SOP Pengelolaan Sisa Panjar  Klik Disini

 

Informasi dan Kebijakan Pimpinan

INFORMASI DAN KEBIJAKAN PIMPINAN

  • Berkomitmen untuk terus melaksanakan Reformasi Birokrasi (RB) dan membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM);
  • Berkomitmen mengoptimalkan penggunaan SIPP dan e-Court;
  • Berkomitmen melaksanakan pelayanan prima dengan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP);
  • Berkomitmen untuk menggunakan aplikasi baik dari Mahkamah Agung RI ataupun Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama (BADILAG);
  • Berkomitmen menggunakan aplikasi dari instansi lain untuk mendukung pelaksanaan tugas administrasi;
  • Berkomitmen melaksanakan transparansi dan keterbukaan informasi baik menggunakan website dan media sosial;
  • Berkomitmen melaksanakan one day minut dan one day publish;
  • Berkomitmen untuk terus membuat inovasi guna meningkatkan pelayanan maupun mempermudah pelaksanaan tugas;
  • Berkomitmen untuk selalu menaati peraturan perundang-undangan dan peraturan lain di bawahnya.

Agenda Kegiatan

  • Ucapan_1
  • Ucapan_2
© 2025 Pengadilan Agama Rantauprapat