1 12 brifing1

Kamis, 1 Desember 2022.

Setiap kegiatan yang dilakukan tentunya diharapkan dapat memberikan hasil yang terbaik, banyak cara yang dilakukan agar tujuan tersebut tercapai dengan salah satu caranya adalah memberikan pengarahan sebelum dimulainya kegiatan tersebut. Sama halnya dengan kegiatan briefing pagi yang dilaksanakan kepada seluruh petugas pelayanan sebelum bertugas. Pada kegiatan pagi ini Bapak Ilmansyah, S.Kom. selaku Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan Pengadilan Agama Rantauprapat kembali bertanggung jawab memberikan arahan.

Pengarahan yang dimaksud adalah penjelasan mengenai apa saja yang akan dilakukan pada saat kegiatan berlangsung supaya tidak terjadinya miskomunikasi dan kegiatan berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan bahwa sebagai petugas pelayanan kita tidak boleh mempersulit urusan orang lain. Hadirnya petugas pelayanan di tengah masyarakat adalah untuk mempermudah akses masyarakat terhadap keadilan. Dalam menerapkan hal ini juga perlu konsistensi penerapan 8 Nilai Mahkamah Agung antara lain: kemandirian, integritas, kejujuran, akuntabilitas, responsibilitas, keterbukaan, ketidakberpihakan dan perlakuan yang sama di hadapan hukum. Dengan menerapkan nilai-nilai Mahkamah Agung dalam melayani, akan mendorong tercapainya tujuan pelayanan prima kepada masyarakat.

1 12 brifing2

Dalam kesempatan yang sama, beliau juga menyampaikan semboyan Ika Bina En Pabolo yang merupakan semboyan dari Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu. Secara terminologi bermakna kerjasama yang terus dibangun dan diberdayakan tanpa merendahkan kemampuan satu lain, kekompakan yang terus dijaga dengan mengedepankan kepercayaan kepada rekan, dan gotong royong bersama-sama dalam membangun dan memperbaiki melalui evaluasi sehingga terwujud apa yang dicita-citakan bersama. Secara etimologi Ika Bina artinya ini dibina, sedangkan En Pabolo secara bahasa artinya itu diperbaiki. Perbaikan terus-menerus di berbagai sisi, saling bekerja sama dalam melakukan perbaikan. Dengan mengusung narasi bermuatan lokal, Bapak Ilmansyah, S.Kom. ingin menumbuhkan rasa memiliki dan kecintaan pada Pengadilan Agama Rantauprapat.

Tidak butuh waktu yang lama untuk briefing, akan tetapi metode ini memberikan banyak manfaat kepada proses berjalannya sebuah kegiatan diantaranya adalah meningkatkan komunikasi, membangun pikiran yang positif, menggali ide baru, mendeteksi masalah yang muncul, menyatukan persepsi dan visi. Briefing sudah menjadi budaya pada Pengadilan Agama Rantauprapat yang telah memberikan dampak yang baik, dengan adanya pengarahan yang diberikan pekerjaan yang akan dikerjakan akan lebih jelas dan terarah, serta menghindari banyak kesalahan yang kemungkinan akan terjadi. (Tim IT PA.Rap)

  • Rika Rahmat
  • Pta WBK
  • Pelantikan Hakim 1
  • Pelantikan Hakim 2
  • Footer Hakim 3
  • Pelantikan Hakim 4
  • Footer Dukacita
  • Footer Dukacita Khoirul