25 11 pta3

Rantauprapat, 25 November 2022.

Ketua Pengadilan Agama Rantauprapat, Bapak Baginda, S.Ag., M.H. didampingi Panitera Pengadilan Agama Rantauprapat, Ibu Dra. Maisyarah, M.H. dan Sekretaris Pengadilan Agama Rantaiprapat, Bapak Joni, S.Ag. mengunjungi Pengadilan Tinggi Agama Medan dalam rangka melakukan konsultasi terkait perkara sita eksekusi. Kunjungan Pengadilan Agama Rantauprapat disambut hangat oleh keluarga besar Pengadilan Tinggi Agama Medan, tujuan konsultasi pun alhamdulillah telah terlaksana bersama Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan Bapak Dr. Drs. H. Darmansyah Hasibuan, S.H., M.H.

25 11 pta1

Dalam kegiatan tersebut, Ibu Dra. Maisyarah, M.H. menyampaikan salah satu perkara di Pengadilan Agama Rantauprapat terkait eksekusi. Sita adalah tindakan menempatkan harta kekayaan tergugat (harta sengketa) secara paksa berada dalam penjagaan yang dilakukan secara resmi berdasarkan perintah pengadilan atau Hakim. Sedangkan Eksekusi merupakan tindakan menjalankan putusan pengadilan yang telah BHT secara paksa dan resmi berdasarkan perintah ketua pengadilan, oleh karena tergugat tidak bersedia menjalankan putusan pengadilan secara sukarela.

Tujuan dari Sita adalah yang pertama agar penggugat tidak Illusioir. Maksudnya agar barang tergugat (barang sengketa) tidak dipindahkan kepada orang lain melalui jual beli, hibah dan sebagainya juga agar tidak dibebani dengan sewa menyewa atau diagunkan kepada pihak ke 3. Yang kedua yakni agar obyek eksekusi memperoleh kepastian keberadaannya setelah perkara yang disengketakan diputus oleh pengadilan.

25 11 pta2

Kunjungan kerja ini dalam rangka koordinasi serta konsultasi sehingga output dari kegiatan ini sangat baik bagi Pengadilan Agama Rantauprapat, salah satunya adalah pendapat, saran dan masukan dari Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Medan untuk menyelesaikan perkara tersebut. Alhamdulillah, kegiatan tersebut sangat bermanfaat dan outputnya insya allah dapat diterapkan dalam menyelesaikan perkara eksekusi. Harapannya, langkah yang akan diambil oleh Pengadilan Agama Rantauprapat senantiasa dalam pengawasan Pengadilan Tinggi Agama Medan. (Tim IT PA.Rap)

  • Rika Rahmat
  • Pta WBK
  • Pelantikan Hakim 1
  • Pelantikan Hakim 2
  • Footer Hakim 3
  • Pelantikan Hakim 4
  • Footer Dukacita
  • Footer Dukacita Khoirul